Selasa, 15 Maret 2011

CATATAN KECIL DI PEDALAMAN

Catatan kecil di Pedalaman hutan lebat
di ujung kampung terpencil kecil
kubuka banyak catatan kaki, tragedi, akri dan
kejadian aneh dunia luar
banyak bangunan bagus
pabrik bagus yang dulunya
sawah nomor satu
jadi asing di tanahku sendiri

Catatan kecil di Pedalaman hutan lebat
adalah radio kecil mengembara ke arah kaki melangkah

Aku dengar dunia luar
Aku dengar gempa bumi dan tsunami di mana-mana
Aku dengar musik country dan jazz
Aku dengar samar kecapi suling
Aku dengar dongeng dan sandiwara

Tentang selundupan uang ke perut bumi
Tentang illegang loging ke perut pejabat
tentang busung lapar karena tidak ada uang
tentang anak-anak muda keranjingan celana rombengan
tentang tukang sulap di panggung rakyat dan
nyanyian kemerdekaan di batas upacara

Di catatan kecil,
kudengar perang saudara di Ambon, Papua
di negeri ini kudengar ada desa tertinggal
suntikan jutaan mengalir ke desa
di negeri ini kudengar ada flu burung menyerang
di catatan kecil di luar radio kecil masih kudengar
orang-orang lugu masih lugu di kampung kecil terpencil
di ujung gunung pegunungan hutan lebat
orang lugu memeluk erat radio kecil


Tidak ada komentar: